Pencarian

Senin, 28 November 2011

Nggak Perlu Kuliah ? Salah BESAR !

Terinspirasi setelah kemarin malam baca twitternya @IndraKatalis, Alumni YOT Campus Ambassador IPB yang me-RT temannya yang ngetwit kira-kira begini isinya, “Cape-cape kuliah, si A (nama orang sukses yg saya tidak mau sebut di sini) malah suruh keluar.”
Saya ngga habis pikir, koq ada orang sukses yang bilang kuliah itu ngga perlu? Apa jadinya Bangsa ini kalau tingkat pendidikannya rendah? Sekarang aja Indonesia masih susah bersaing di tingkat global,… di South East Asia aja kita bukan nomor 1, ngga kebayang Bangsa ini akan jadi apa.
Setelah baca twit tersebut, berikut twit-twit saya:
> @billyboen: “Kuliah BUKAN utk ijazah. Kuliah utk pndewasaan diri & pikiran, srta prluasan wawasan!” < YES, kuliah perlu! #YOT @YoungOnTop
> @billyboen: Usaha! Bnyk yg ga mampu tp ttp bs kuliah & lulus dgn nilai baik. Jgn biaya djadikan alasan. Beasiswa RT @R_Ming24: Bgmn dg mrk yg tak mampu?
> @billyboen: Utk yg mnjadikan ga pnya biaya sbg alasan ga kuliah, baca buku “9Summers 10Autumns” karya @Iwan9S10A ! Sy jamin malu sendiri… GREAT BOOK!
> @billyboen: Koq ada org sukses blg kuliah ga prlu? Kuliah tdk mnjamin sukses, tp mmprbesar ksmpatan sukses! Apa jdnya Bangsa ini kl pndidikannya jeblok?
> @billyboen: Bill Gates yg dropped out aja blg bhwa kuliah itu prlu. Jd, kuliah itu PERLU! Baca tulisan sy: “Sukses dgn Pendidikan Minim” di @kaskus deh
Trus ada yang bilang, “Gampang ngasih advice untuk cari beasiswa, tapi peluangnya kecil”, berikut reply saya untuk twit ini:
> @billyboen: Beasiswa peluangnya kecil, berarti ADA kan?! Dr awal skeptis (males nyari), gmn mo sukses? Sy ga blg hrs kuliah, sy blg PERLU kuliah. Dah ah
Memang ini bukan pertama kalinya saya mendengar ada orang sukses di Indonesia yang bilang bahwa kuliah itu ngga perlu. Saya siap berdebat dengan siapapun yang bilang demikian. Koq berani?
Karena menurut saya, kuliah itu perlu. Kuliah itu BUKAN untuk dapetin ijazah. Kuliah itu adalah sebuah wacana pembentukan diri, proses pendewasaan diri, pikiran, dan tindakan, serta perluasan wawasan.
Jadi kalau untuk yang kuliah hanya untuk dapetin ijazah, mikir lagi deh. Ketika kuliah, pastikan Agan bener-bener dapetin ilmu dan proses di kelasnya. Coba untuk aktif dalam diskusi-diskusi yang ada, beranikan diri untuk maju presentasi di depan kelas. Beranikan diri untuk menjadi pemimpin suatu tugas, dan sebagainya!
Dalam dunia kerja, hanya pekerja yang aktiflah yang akhirnya ‘dikenal’, dan diperhatikan oleh atasan. Mereka inilah juga yang akhirnya diberikan tanggung jawab lebih, dipercaya untuk memimpin, dipromosikan jabatannya,… yang berarti, pendapatannya (gaji) pun akan pasti bertambah. Mereka yang hanya sebatas pergi pagi masuk kantor, pulang sore hari, ya ngga akan ‘kemana-mana’.
Kuliah itu ngga harus, tapi perlu. Jangan jadikan biaya sebagai alasan untuk tidak kuliah. Sudah banyak cerita orang miskin yang berusaha keras akhirnya bisa kuliah. Beasiswa memang tidak sebanyak mereka yang memerlukan, jangan malas! Berusaha semaksimal mungkin untuk dapetin! Saya punya prinsip, kalau ada 1 orang yang bisa, berarti itu sudah bukan menjadi hal yang mustahil lagi!
Jangan biarkan orang-orang sukses yang tidak percaya dengan pendidikan membuat Bangsa ini semakin terpuruk! Untuk Agan yang sedang kuliah dan lagi malas-malasan, bersyukurlah. Banyak yang mau kuliah tapi ngga/belum bisa. Cepetan selesain kuliahnya, dan ayo sama-sama kita perbaiki Bangsa ini lewat perekonomian yang solid!
See you ON TOP!
Sumber : Kaskus @Blog Dany .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar